Rabu, 20 Agustus 2008

APM IPA kelas IV Fase - Fase Bulan




I. TUJUAN:Alat peraga ini dipakai untuk membuktikan fase bulan mulai bulan baru – bulan purnama – bulan mati.

II. ALAT DAN BAHAN:

Alat ;
1. Gunting/ cutter 1 buah
2. Kawat kecil/ bendrat 10 cm
3. Paku reng 1 buah

Bahan:
1. Kardus bekas air minum 1 buah
2. Bola pingpong warna putih 1 buah
3. Benang bol 40 cm
4. Lampu senter/ batteray 1 buah
5. Lem 1 buah
6. Isolasi/ lakban 1 buah
7. Penggaris 1 buah
8. Spidol kecil 1 buah

III. CARA MEMBUAT:
1. Bola pingpong dilubangi menggunakan paku kecil tepat pada pusat bola.
2. Masukkan benang bol dengan bantuan kawat dan talilah agar bola bisa menggantung tepat di tengah kardus.
3. Buatlah lubang pada kardus sebesar spidol sesuai arah mata angin ( 8 lubang ) di samping kardus/ keliling lurus.
4. Pasang bola pingpong pada posisi menggantung di tengah kardus dan lem atau isolasi benang bol agar tidak mudah lepas/ kuat terpasang.
5. Rekatkan kembali kardus menggunakan isolasi agar semua tertutup.
6. Pasanglah lampu senter pada salah satu lubang ( samping kardus ) agar dapat memberi sinar pada bola pingpong/ sebagai pengganti sinar matahari. Gunakan isolasi agar lampu senter menempel kuat.
7. Berilah nomor lubang mulai dari nomor 1 tepat lurus berlawanan dengan arah lampu senter dan keliling searah jarum jam.

IV. CARA PEMANFAATAN:
1. Gunakan APM ini untuk pembelajaran kelas IV / Semester 2 atau kelas VI semester 2.
2. Cara menggunakan adalah secara berkelompok siswa diberikan lembar kerja untuk pengamatan.
3. Melalui LK perintahkan untuk melakukan pengamatan dengan cara mengintip lubang mulai lubang 1 – 8. Setelah melakukan pengamatan siswa diminta untuk menggambar fase bulan mulai dari lubang 1 – 8.
4. Adakan Tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa agar mengetahui fase bulan.
5. Adakan presentasi kelompok yang dilanjutkan dengan klasikal agar pemahamanh anak lebih mantap.

V. EVALUASI:
1. Bagaimana perbedaan pengamatan bentuk bulan pada lubang 1 dengan lubang 5?
2. Apa perbedaan bentuk bulan pada pengamatan lubang yang berlawanan?
3. Buatlah kesimpulan hasil pengamatan dan berikan ilustrasi!

1 komentar:

PSBG JUANDA MEDIA mengatakan...

Menarik :-) sangat bermanfaat bagi pembelajaran IPA & efisien sebagai alat peraga murah.

Sering-sering ke PSBG Juanda Media Ya.......